Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Menjawab Soal CPNS

Banyak orang mengeluhkan bahwa soal CPNS itu sangat sulit. Oleh karena itu dari puluhan ribu yang ikut tes hanya segelintir yang bisa lolos dengan nilai yang baik. 

Sebenarnya ada cara atau trik bagaimana mengerjakan soal CPNS sesuai dengan harapan. Kuncinya adalah menjawab benar dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Bahkan kalau dibagi jumlah waktu dan soal biasanya kurang dari 1 menit atau bahkan cuma 40 detik untuk mengerjakan 1 soal. Jadi walaupun kita bisa menjawab dengan benar tapi kalau waktu menjawabnya lama misalnya 2 sampai 3 menit maka hasilnya juga tidak begitu bagus. 

Oleh karena itu cara cepat menjawab soal CPNS harus memperhatikan ketepatan jawaban dan kecepatan menjawab. Kalau perlu dalam waktu kurang dari satu menit soal sudah harus dijawab. 


Bagaimana cara agar jawaban kita tepat dalam waktu yang cepat berikut triknya. 

Pertama soal CPNS itu polanya hampir sama dari tahun ke tahun. Hanya saja mungkin variabel yang digunakan atau cerita yang digunakan berbeda. Untuk itu kita harus terbiasa dengan pola soal tersebut. Tidak ada jalan lain untuk mencapai kemampuan taraf mengerjakan soal dengan benar dan cepat, selain dengan latihan soal setiap hari selama beberapa bulan atau tahun. Setiap hari latihannya sedikit saja mungkin sejam atau beberapa soal tapi yang perlu diperhatikan harus telaten. Pepatah hangat-hangat tahi ayam tidak berlaku di sini. 

Untuk soal tipe TWK maka kita harus memperluas wawasan mengenai makna Pancasila dan undang-undang serta bagaimana penerapannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Tentunya wawasan bisa diperluas dengan rajin membaca atau menonton video-video yang terkait. 

Sedangkan untuk tes TKP maka kita harus mengubah pola pikir dan memposisikan diri sebagai ASN pada saat kita mengerjakan soal tersebut. Maka kunci utama dari soal-soal TKP adalah untuk mengukur bagaimana integritas kita profesionalisme kita, dan tentunya bagaimana kita mengutamakan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi. Intinya itu walaupun nanti jenis atau cerita soalnya bermacam-macam bentuknya. 

Tetapi dari semua itu kunci yang paling utama untuk cepat menjawab soal CPNS adalah latihan, latihan, latihan. Jika ini dilakukan dengan terus-menerus maka kita akan sampai pada satu tahap di mana untuk mengerjakan beberapa tipe soal itu kadang-kadang hanya butuh waktu 10 sampai 20 detik. Kenapa bisa karena otak bawah sadar kita sudah terlatih dengan pola-pola soal CPNS. 

Demikian artikel cara cepat menjawab soal CPNS semoga bermanfaat bagi kawan-kawan yang sedang berjuang untuk menjadi aparatur sipil negara. [me]

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Menjawab Soal CPNS"