Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Tes Analogi Verbal dan Pembahasannya

Sesuai namanya, tes analogi berkaitan dengan persamaan atau bisa dikatakan kesepadanan kata dalam bahasa. Dalam tes perekrutan CPNS, kalian akan sering menjumpai beberapa contoh soal tes analogi verbal. Jika ingin lebih mahir mengerjakan soal-soal CPNS, kalian harus menguasai tes analogi verbal ini.

Tujuan dari tes analogi ini adalah untuk melihat kemampuan calon pegawai dalam memahami kesamaan pola, atau bagaimana mereka menarik kesimpulan. Hal inilah yang dibutuhkan oleh calon abdi negara.

Contoh Soal Tes Analogi Verbal 

Sebelum mengerjakan soal tes analogi verbal, kalian akan diberikan petunjuk untuk memilih salah satu jawaban paling mendekati artinya atau sama dengan kata yang dicetak memakai huruf kapital. Begini contoh soal tes analogi verbal :

Soal 1
BENCANA = …
A. Lawan
B. Teman
C. Gembira
D. Bala
E. Bantuan

Jawaban : D. Bala
Pembahasan : Kebanyakan orang terjebak dengan memilih Bantuan karena kata ini sering diidentikkan dengan bantuan bencana. Namun, karena ini adalah tes analogi verbal yang merupakan sinonim atau persamaan kata, maka yang paling tepat jawabannya yaitu Bala.

Soal 2
SUBSTANSI = ….
A. Fiksi
B. Non Fiksi
C. Isi
D. Tujuan
E. Inti

Jawaban : E. Inti
Pembahasan : substansi memiliki arti sebagai inti atau pokok dalam sesuatu hal. Maka jawaban yang benar untuk soal di atas adalah E. Inti. 

Soal 3 
ADIKSI = …
A. Fiksi
B. Afiksasi
C. Kecemasan
D. Ketagihan
E. Aksi

Jawaban : D. Ketagihan
Pembahasan : Kalian mungkin akan terkecoh dengan bunyi kata yang mirip seperti aksi, fiksi dan afiksasi. Tapi jawaban sebenarnya adalah sinonim dari ADIKSI yang artinya adalah ketergantungan atau ketagihan. Maka sudah jelas jawabannya D. Ketagihan.

Soal 4
STABIL = …
A. Konstan
B. Labil
C. Insidentil
D. Inflasi
E. Membelok

Jawaban : A
Pembahasan : Analogi dari stabil adalah konstan, ajek, mapan, mantap, kuat, permanen, solid, dan normal. Jadi, sinonim paling tepat dari stabil yaitu Konstan.

Soal 5
PENSIL : KERTAS = ...
A. Kursi : Meja
B. Kalender : Bulan
C. Smartphone : Desain
D. Upacara : Bendera
E. Mobil : Roda

Jawaban : A. Kursi : Meja
Pembahasan : Pensil biasanya digunakan untuk menulis di kertas, sehingga saling berhubungan. Hal ini juga berlaku bagi kursi yang tidak pernah lepas dari meja. 

Soal 6
NASABAH : BANK =
A. Pelanggan : Toko
B. Akuntan : Bank
C. Polisi : Lalu Lintas
D. Perampok : Hukum
E. Artis : Penyanyi

Jawaban : A. Pelanggan : Toko
Pembahasan : Analogi dari Nasabah : Bank bisa diibaratkan seperti penerima jasa dan penyedia jasa, jadi dalam hal ini yang paling tepat jawabannya adalah A. Pelanggan : Toko. 

Soal 7
BAYI : ANAK-ANAK = …
A. Beras : Bubur
B. Anak : Kakek
C. Besar : Kecil
D. Ulat : Kepompong
E. Siang : Malam
Jawaban : D. Ulat : Kepompong
Pembahasan : Soal di atas menyatakan kaitan antara bayi dan anak-anak, yang menunjukkan tahap perkembangan atau pertumbuhan, dari bayi ke anak-anak. Maka, analogi untuk kata-kata di atas yang paling tepat adalah Ulat : kepompong. 

Perbanyak latihan contoh soal tes analogi verbal dengan contoh-contoh lainnya yang bervariasi dan bisa kalian dapatkan dengan browsing di Google. Tujuannya agar kalian bisa lebih mahir mengerjakan soal-soal tes analogi verbal yang bervariasi dan terkadang menjebak. [mtm]

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Tes Analogi Verbal dan Pembahasannya"