Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengerjakan Soal Deret Angka

Untuk kamu yang lagi siap-siap mengikuti ujian baik ujian CPNS, PPPK, masuk perguruan tinggi, atau sedang mendaftar dalam satu pekerjaan yang anda idam-idamkan maka dalam ujiannya kemungkinan besar anda akan menemukan soal berupa deret angka. Oleh karena itu soal deret angka harus anda kuasai cara mengerjakannya karena biasanya jenis soal ini tempat untuk mengambil nilai. Tetapi walaupun terlihat gampang soal deret angka itu waktu pengerjaannya sangat terbatas waktunya. Oleh karena itu soal ini harus dikuasai dan dilatih secara terus-menerus. 

Tujuan utama dari soal deret angka adalah untuk mengukur kemampuan anda sebagai peserta ujian dalam menganalisa atau menentukan pola angka atau bilangan. Dengan demikian penguji dapat memperkirakan seberapa jauh kemampuan anda untuk menganalisis permasalahan di lapangan dan kemampuan anda untuk menemukan pemecahan masalah tersebut. 

Adapun cara mengerjakan soal deret angka dengan tepat dan dalam waktu yang cepat ada beberapa tips. Tetapi pada prinsipnya adalah kita diminta untuk menemukan pola ataupun kecenderungan tertentu yang dikandung oleh deret angka tersebut sesuai urutannya. Berdasarkan pola urutan tersebut maka kita diminta untuk memperkirakan kira-kira hal apa yang menjadi jawaban atau kelanjutan dari pola tersebut. 

Adapun tips untuk dapat mengerjakan soal deret angka dengan tepat dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya antara lain adalah:
  1. Di dalam deret tersebut pasti ada pola atau irama kita dengan segera kemampuan harus mencoba mencari pola atau irama yang dimaksud. 
  2. Pola ini bisa bermacam-macam dan tidak bisa kita tetapkan salah satunya tanpa melalui percobaan-percobaan. Untuk percobaan pertama maka kita sebaiknya menggunakan pola aritmatika mungkin berupa operasi tambah, kurang, kali, bagi, akar, dan kuadrat. 
  3. Jika dengan operasi aritmatika belum juga ketemu pola atau iramanya maka kita mencoba menemukan pola yang bertingkat atau pola yang meloncat baik loncat satu atau loncat dua.
  4. Usahakan jangan hanya melihat dua atau tiga angka pertama tapi lihatlah deret angka secara keseluruhan kemudian coba analisis secara cepat. 
  5. Jika anda menemukan pola atau irama maka jangan buru-buru langsung memberikan jawaban tapi ujilah pola tersebut dengan angka yang lainnya yang ada dalam deret tersebut. Jika polanya sama maka berarti pola tersebutlah yang digunakan oleh deret angka dan dapat digunakan untuk memprediksi angka yang ditanyakan. 
Terlepas dari tips yang kami berikan di atas, kunci untuk menjawab soal deret angka secara tepat benar dengan waktu yang singkat adalah selalu latihan. Semakin anda banyak mengerjakan soal maka semakin terlatih alam bawah sadar anda untuk menemukan pola deret angka dalam waktu yang sangat singkat. Seperti biasa cara belajarnya adalah secara rutin sedikit-sedikit setiap hari dan harus dilakukan berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun secara konsisten. 

Demikian artikel cara mengerjakan soal deret angka baik untuk ujian CPNS, PPPK, masuk perguruan tinggi, ataupun ujian masuk kerja. Semoga bermanfaat. [me]

Posting Komentar untuk "Cara Mengerjakan Soal Deret Angka"