Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal TPA Verbal

Tes TPA atau tes potensi akademik merupakan salah satu bentuk tes yang secara luas digunakan untuk proses penerimaan pegawai baik pegawai pemerintah maupun pegawai non pemerintah. 

Tujuan utama pelaksanaan tes TPA adalah untuk mengukur seberapa besar tingkat kepandaian atau intelegensia peserta. 

Soal tes TPA ada banyak macamnya salah satunya adalah TPA verbal. Maksud atau tujuan dari tes TPA verbal adalah untuk mengetahui kemampuan seseorang memahami bahasa dan penggunaan bahasa serta analisis penggunaan bahasa. 

Syarat utama agar dapat menjawab tes TPA verbal dengan baik adalah peserta harus memiliki wawasan yang luas. Tentu saja dengan banyak membaca dan mempelajari kosakata baru. Karena umumnya tes TPA verbal berkaitan dengan kosakata-kosakata yang agak jarang kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Kadang-kadang kata-kata tersebut sangat aneh dan mungkin ada beberapa yang memang tidak pernah kita dengar sebelumnya. Selain kosakata juga kemampuan menganalisis kata harus dikuasai. 


Bentuk tes TPA verbal yang paling sering kita jumpai di soal-soal adalah sinonim, antonim dan hubungan kata serta pengelompokan kata. 

Analogi adalah kemiripan atau kesesuaian antara satu kata dengan kata-kata yang lainnya. Dalam soal analogi biasanya peserta diberikan pasangan kata 2 atau 3 yang mana pasangan kata tersebut sebenarnya mempunyai hubungan. Jawabannya adalah yang mempunyai pola yang sama dengan kata-kata yang menjadi soal. 

Berikut adalah contoh soal TPA verbal tipe analogi. 



Sinonim adalah suatu kata yang sama atau mirip maknanya dengan kata yang lainnya. Kata tersebut belum tentu serupa pengucapan atau tulisannya dan ini biasanya dijadikan jebakan oleh pembuat soal sehingga banyak peserta yang keliru menjawab soal sinonim 

Berikut contoh soal TPA verbal tipe sinonim


Sedangkan soal antonim adalah soal-soal yang mengandung kata-kata yang berlawanan artinya atau maknanya. Seringkali soal-soal seperti ini mengandung jebakan dan menyebabkan kita salah menjawabnya. Kadang-kadang jebakan tersebut berupa pilihan yang sinonim atau sama artinya dengan pertanyaan padahal yang diminta adalah yang berlawanan artinya atau maknanya. 

Berikut contoh soal TPA verbal tipe antonim atau berlawanan makna. 



Demikian artikel soal tpa verbal ini, semoga bermanfaat. [me]

Posting Komentar untuk "Contoh Soal TPA Verbal"