Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fresh Graduate SMA artinya apa? Ini Jawabannya!

Istilah fresh graduate sering digunakan untuk menyebut seseorang yang baru saja lulus dari kuliah ataupun SMA. Jadi fresh graduate SMA artinya apa? Artinya yakni seorang yang baru saja lulus SMA dan ingin melanjutkan ke jenjang selanjutnya maupun ingin mencari pekerjaan. Intinya fresh graduate merupakan seseorang yang sedang mencari pekerjaan atau melanjutkan ke jenjang selanjutnya pertama kali setelah lulus sekolah/kuliah.

Lakukan 4 Hal Ini Untuk Kamu Fresh Graduate

Pada kenyataannya fresh graduate bukan hanya orang yang melamar pekerjaan setelah lulus sekolah atau kuliah saja. Terdapat Batasan waktu untuk penyebutan fresh graduate ini yakni sekitar 1 sampai 2 tahun setelah lulus, setelah itu mereka tidak disebut fresh graduate lagi. Jadi sampai sini paham apa maksud dari fresh graduate SMA. Nah sebagai fresh graduate sebaiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Melanjutkan Studi Ke Jenjang Selanjutnya

Sebagai jawaban fresh graduate SMA artinya apa? Disini kami akan memberitahu apa yang harus Anda lakukan sebagai seorang fresh graduate, nah hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Namun melanjutkan ke jenjang selanjutnya ini memerlukan uang dan waktu, jadi Anda harus benar-benar dalam mengambil keputusan. Dibutuhkan komitmen waktu dan pendanaan secara serius untuk ini. Pertimbangkan banyak hal, misal apa yang ingin saya dapatkan setelah ini? keahlian apa yang saya dapat setelah lulus dari studi ini? dan lain sebagainya.

2.  Mencoba Menjadi Entrepreneur

Seorang fresh graduate mungkin masih sulit untuk mendapatkan pekerjaan, jadi hal yang bisa kamu lakukan adalah membuka lapangan pekerjaan baru. Ini mungkin terkesan out of the box namun hal ini bisa menjadi luar biasa jika Anda berhasil melakukannya. Berwirausaha tentu memiliki banyak keuntungan seperti waktu yang fleksibel, kontrol terhadap pekerjaan, dan keputusan bisa sesuai dengan idealisme pribadi. Tak hanya itu, jika Anda berhasil melakukannya Anda akan banyak mendapatkan pujian dari banyak orang.

3. Tingkatkan Skill

Jika Anda memutuskan untuk Gap Year atau jeda untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya, Anda bisa menambah skill atau kemampuan Anda. jangan habiskan waktu jeda ini dengan percuma, isi dengan hal-hal yang bermanfaat atau hal yang bisa menambah skill Anda. Gap year bisa Anda manfaatkan untuk membangun portofolio melalui proyek-proyek yang Anda sukai. Dari masa gap year ini Anda harus bisa menghasilkan kemandirian, keterampilan, dan perencanaan organisasi yang lebih baik.

4. Mulai Melamar Pekerjaan

Jika ketiga hal di atas belum bisa Anda lakukan, Anda bisa langsung untuk mencari pekerjaan. Ada banyak perusahaan yang mencari lowongan pekerjaan dengan kriteria fresh graduate. Merencanakan karir yang ingin Anda kejar, namun jika belum kepikiran Anda bisa menjelajahi sektor pekerjaan agar mendapat inspirasi. Mungkin akan agak sulit untuk mendapatkan posisi full time bagi fresh graduate, namun Anda jangan patah semangat, Anda bisa mengambil pekerjaan freelance, paruh waktu ataupun magang di perusahaan. Saat ini tingkatkan keahlian dan prospek yang baik, dengan ini lambat laun Anda akan diberikan kesempatan untuk berada di bagian yang Anda inginkan.

Dari keempat strategi di atas bagaimana apakah Anda sudah paham fresh graduate SMA artinya apa? Jadi meskipun Anda sebagai fresh graduate SMA, kesempatan Anda tidak kecil, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Kalau bisa jadwalkan secara teratur dan perluas jaringan untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Tetap semangat dan terus belajar.

Posting Komentar untuk "Fresh Graduate SMA artinya apa? Ini Jawabannya!"