Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dipelajari di Kuliah Ekonomi, Intip Bocorannya!


Anda rencana mengambil jurusan ekonomi dan ingin tahu apa yang dipelajari di kuliah ekonomi. Disini akan dibahas mengenai apa saja mata kuliah jurusan ekonomi yang akan membantu Anda memahami ekonomi secara mendalam. Beberapa mata kuliah ini bisa dikembangkan lagi oleh mahasiswa di kemudian hari. Karena ilmu bersifat dinamis maka Anda harus siap menghadapi perkembangan keilmuan yang ada.

5 Mata Kuliah Yang Bisa Dipelajari di Jurusan Ekonomi

Ada 5 mata kuliah yang bisa Anda dapatkan ketika Anda berkuliah di jurusan ekonomi yaitu:

Perpajakan

Perpajakan merupakan mata kuliah wajib yang harus dipelajari mahasiswa ekonomi. Karena prospek kerja lulusan ekonomi salah satunya ialah mengelola pajak. Oleh karena itu, mata kuliah perpajakan harus dipelajari dan wajib dikuasai oleh mahasiswa agar berguna ke depannya. Bagian perpajakan juga selalu dibutuhkan dalam setiap perusahaan karena perusahaan selalu ada pajak yang harus dibayar. Selain perusahaan membayar pajak terkadang saat pembeli melakukan pembelian produk maka diharuskan membayar pajak.

Akuntansi

Akuntansi merupakan mata kuliah pembukuan keuangan untuk mempelajari kas masuk dan kas keluar. Sistem pembukuan saat ini memang sudah banyak yang menggunakan media digital, namun akuntan masih dibutuhkan pengelolanya. Semakin canggih aplikasi maka posisi akuntan memang sudah tidak banyak dibutuhkan, namun mesin juga memiliki kekurangan. Seorang akuntan tidak hanya mengisi pembukuan namun juga mengecek apakah hasil pembukuan sesuai dengan data yang ada. Indikasi-indikasi ketidakkesesuaian data bisa saja merupakan sebuah tindakan kejahatan dan seorang akuntan harus berusaha menyeledikinya.

Ekonomi Islam

Ekonomi Islam merupakan salah satu mata kuliah yang seringkali menjadi mata kuliah bonus. Tidak semua kuliah ekonomi mempelajari mengenai ekonomi Islam. Apa yang dipelajari di kuliah ekonomi terkadang bersinggungan dengan ekonomi Islam. Karenanya agar Anda tidak salah memahami mengenai keilmuan ini maka mata kuliah ini masuk ke dalam mata kuliah tambahan. Mata kuliah ekonomi islam muncul karena saat ini banyak transaksi yang menggunakan ekonomi Islam. Bahkan merger yang terjadi antara bank-bank syariah semakin menunjukkan eksistensi ekonomi Islam. Maka dari itu Anda harus mempelajari ini juga agar jika ada lowongan kerja dalam bidang ekonomi Islam Anda bisa mengajukan diri.

Manajemen

Manajemen sendiri merupakan keilmuan yang berusaha mempelajari mengenai bagaimana tata kelola organisasi. Tidak hanya organisasi namun juga industri, perusahaan dan ekonomi. Pada jurusan ini yang dipelajari ialah bagaimana melakukan perencanaan suatu strategi ekonomi. Kemudian bagaimana pelaksanaannya lalu pengevaluasian setelah dilaksanakan. Peminatan jurusan manajemen sendiri juga banyak, ada operasional, keuangan, pemasaran dan sumber daya manusia.

Ilmu Ekonomi

Terakhir Anda akan mempelajari masalah ilmu ekonomi secara mendalam. Banyak sekali kebijakan-kebijakan yang bisa dipelajari dalam ilmu ekonomi. Hal ini bisa digunakan untuk berbagai permasalahan seperti ekonomi sumber daya manusia. Ekonomi publik juga bisa digunakan untuk melakukan Analisa mengenai kebijakan ekonomi yang ada. Tidak hanya ekonomi publik maka ada juga ekonomi moneter ataupun industri. Selain sumber daya alam ada juga yang mempelajari mengenai lingkungan.

Apa yang dipelajari di kuliah ekonomi ada banyak hal, namun intinya ada lima hal di atas. Jika Anda berminat untuk kuliah ekonomi maka gambaran mata kuliahnya ada di atas. Mata kuliahnya wajib dikuasai agar ketika lulus Anda bisa memanfaatkan pengetahuan Anda dalam bekerja. Pekerjaan yang ditawarkan untuk lulusan ekonomi ada banyak dan bisa dikembangkan lagi sesuai perkembangan zaman.

Posting Komentar untuk "Apa Yang Dipelajari di Kuliah Ekonomi, Intip Bocorannya!"