Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Apply Kuliah di Luar Negeri, Layak Dicoba!


Bagi Anda yang memiliki cita-cita kuliah ke luar negeri harus mempunyai perencanaan yang matang. Hal ini karena semua universitas memiliki prosedur sendiri dan ketentuan masing-masing. Apabila akan kuliah ke luar negeri lebih baik untuk menggali informasi secara detail, mulai dari profil kampus, jurusan apa saja, prosedur pendaftaran, serta biaya selama kuliah. Dengan mengantongi informasi tersebut, akan lebih mudah ketika memilih universitas luar negeri. Hal ini mengingat bahwa cara apply kuliah di luar negeri berbeda-beda sebaiknya Anda harus mempersiapkan lebih awal.  

Cara Mudah Apply Kuliah Di Luar Negeri 

Berikut terdapat beberapa cara mudah dafrar kuliah di luar negeri yang bisa Anda terapkan. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:  

1. Tentukan Universitas dan Jurusan Yang Akan Dipilih 

Menentukan universitas dan jurusan menjadi tujuan wajib yang harus Anda miliki. Hal ini sebagai pertimbangan untuk bisa diterima di universitas yang Anda pilih. Ketika Anda memilih universitas dan jurusan tertentu akan tetapi tidak mengetahui seluk beluknya maka bisa kecewa nantinya. Anda harus memiliki pilihan jurusan lebih dari satu, karena apabila tidak diterima di pilihan satu bisa diterima dipilihan kedua. Hal ini harus Anda manfaatkan, terlebih jika universitas pilihan Anda membolehkan memilih lebih dari satu jurusan. Maka, memilih lebih dari satu jurusan akan memiliki peluang untuk diterima lebih banyak.  

2. Cermati Syarat Pendaftaran 

Membaca serta mencermati persyaratan pendaftaran itu sangat penting. Anda harus jeli dalam membaca, kapan pendaftaran dibuka, syarat apa saja yang dibutuhkan serta kapan waktu penutupan pendaftaran. Biasanya syarat pendaftaran kuliah di luar negeri telah di upload di website resmi universitas. Jadi, Anda harus rajin-rajin membaca untuk mengetahui informasi terupdate dari kampus. Apabila masih belum paham mengenai persyaratan, Anda bisa menghubungi pihak universitas untuk mendapatkan informasi lebih detail.  

3. Siapkan Hasil Tes IELTS/TOEFL 

Ketika Anda akan kuliah ke luar negeri, selain memilih universitas dan jurusan, Anda juga harus mempersiapkan tes IELTS atau TOEFL. Hal ini penting, karena kebanyakan universitas luar negeri mensyaratkan sertifikat bahasa inggris untuk calon pendaftar. Dengan demikian, Anda bisa mempersiapkan memilih tes IELTS atau TOEFL dengan skor nilai sesuai ketentuan universitas. Anda harus menguasai bahasa inggris untuk memudahkan komunikasi ketika tinggal di luar negeri. 

4. Biaya Pendidikan Kuliah 

Selain memahami cara apply kuliah di luar negeri, Anda juga harus mempersiapkan biaya kuliah sampai lulus. Umumnya, kuliah di luar negeri membutuhkan biaya lebih mahal daripada kuliah di dalam negeri. Karena, selain biaya kuliah, Anda juga harus mempertimbangkan biaya hidup selama di sana. Namun jika universitas yang Anda pilih menyediakan beasiswa, Anda bisa mengambil peluang ini. Biasanya ada banyak penawaran beasiswa kuliah penuh sampai lulus atau hanya beberapa semester saja, tentunya dengan syarat tertentu untuk mendapatkan beasiswa. Dengan memilih ikut beasiswa, biaya kuliah Anda akan lebih ringan.  

5. Mengikuti Ketentuan Pendaftaran 

Anda harus mengikuti ketentuan pendaftaran yang telah diberikan oleh universitas. Mengingat, bahwa setiap universitas memiliki tata cara pendaftaran yang berbeda, sehingga Anda harus paham itu. Misalnya, Anda ingin kuliah di Amerika Serikat, dan pada syarat pendaftaran Anda diharuskan memiliki sertifikat IELTS atau TOEFL dan harus memilih beberapa jurusan. Maka, Anda harus mengikuti prosedurnya untuk memudahkan Anda diterima di universitas tersebut.  

Beberapa uraian tersebut di atas merupakan cara apply kuliah di luar negeri. Anda bisa memperhatikan pemaparan tersebut dengan baik untuk memudahkan pendaftaran kuliah di luar negeri. Karena dengan memahami tata cara pendaftaran dan persyaratannya, Anda tidak akan menemukan kesulitan dalam proses apply. Jadi persiapkan diri Anda secara maksimal ya. 

Posting Komentar untuk "Cara Apply Kuliah di Luar Negeri, Layak Dicoba!"