Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Admin Instagram, Yuk Dicoba!


Mungkin bagi sebagian orang jenis pekerjaan ini terdengar aneh yaitu menjadi admin Instagram. Tetapi percaya atau tidak percaya, pekerjaan ini nyata adanya. Bahkan jika diukur dari segi pendapatan lumayan menjanjikan. 

Bagi kamu yang penasaran dengan profesi ini dan mempunyai minat untuk menekuninya yuk ketahui cara menjadi admin Instagram yang profesional dan berkualitas serta dicari banyak orang. 

Tapi sebelumnya penting untuk diketahui apa sih sebenarnya admin Instagram itu? 

Admin Instagram adalah orang yang bekerja mengelola akun Instagram orang lain atau organisasi tertentu yang diikat dengan perjanjian antara kedua belah pihak, serta mendapat bayaran dari jasa pengelolaan akun Instagram tersebut. 

Pemilik akun Instagram,baik perorangan maupun organisasi biasanya akan mencari orang yang mau mengelola akun Instagramnya karena dia sibuk dengan pekerjaannya yang lain. 

Syarat dan Cara Menjadi Admin Instagram

Ada beberapa persyaratan yang sebaiknya dipenuhi oleh seseorang sebelum menjadi admin Instagram. Persyaratan tersebut antara lain adalah:

Memiliki wawasan yang luas

Biasanya admin Instagram tidak mempersyaratkan secara mutlak tingkat pendidikan ataupun jurusan pendidikan. Tetapi biasanya admin Instagram dituntut untuk memiliki wawasan yang luas terutama dalam bidang yang sesuai topik dari akun Instagram tersebut. Misalnya jika akun tersebut mengenai topik pengembangan diri maka mau tidak mau admin Instagramnya harus menguasai hal-hal yang berkaitan dengan topik pengembangan diri. Contoh lain, jika akun yang akan dikelola berkaitan dengan teknologi, maka calon admin harus menguasai hal-hal yang terkait dengan teknologi. 

Menguasai teknis pengelolaan akun Instagram

Hal mutlak yang perlu dikuasai adalah memahami bagaimana Instagram bekerja. Baik dari segi membuat postingan, membalas komentar, membaca like, dan sebagainya. Selain itu calon admin Instagram juga harus mempunyai kemampuan komunikasi dengan baik sehingga bisa menjawab setiap pertanyaan atau merespon keluhan dengan tepat. Banyak sekali kasus di mana admin Instagram salah merespon keluhan atau komentar dari followers dari akun Instagram yang dikelolanya, yang berujung kepada timbulnya kegaduhan nasional dan tentu saja bisa menyebabkan admin tersebut dipecat. Mungkin akan menjadi nilai tambah jika calon admin Instagram tersebut menguasai ilmu pemasaran atau ilmu marketing. 

Memahami secara mendalam profil individu pemilik akun atau profil perusahaan

Agar bisa memposting atau merespon dengan tepat maka admin Instagram harus betul-betul memahami siapa pemilik akun tersebut secara pribadi atau jika perusahaan memahami seluk beluk perusahaan tersebut. Pemahaman ini bisa didapat dengan cara berdiskusi secara langsung atau mempelajari dari dokumen-dokumen yang ada. Khusus untuk perusahaan maka calon admin Instagram harus memahami prosedur standar jika terjadi suatu masalah sehingga pemecahan masalah tersebut dapat diselesaikan dengan tepat dan tidak menimbulkan kegaduhan dan masalah baru yang lebih besar. 

Mampu mengidentifikasi karakteristik umum dari follower akun Instagram yang dikelolanya

Dengan memahami secara benar karakteristik umum follower maka postingan yang dibuat atau komentar yang diposting akan lebih tepat sasaran dan mengenal ke hati para follower.  Tentu saja hal ini akan membuat follower betah dan angka unfollow semakin sedikit. Selain itu, engagement untuk setiap postingan baik berupa komentar maupun like akan semakin meningkat.

Bekerja secara profesional

Walaupun ibaratnya hanya berhadapan dengan komputer atau bahkan HP saja untuk berinteraksi dengan para follower, admin Instagram harus bekerja secara profesional. Ia harus mengutamakan akun Instagram yang dikelola dan memenuhi standar minimal pekerjaan yang telah diberikan. Ada baiknya seorang admin instagram merancang program kerjanya dengan baik. Walaupun terkadang pengawasan pada akun Instagram secara langsung relatif lebih longgar, bukan berarti admin instagram dapat bekerja semau gue.

Mempunyai kepribadian yang kreatif dan responsif

Agar postingan tidak monoton maka admin Instagram harus mempunyai jiwa yang kreatif. Ia mampu menciptakan hal-hal baru yang menarik minat para follower. Selain itu admin Instagram juga dituntut untuk responsif terhadap berbagai komentar atau tanggapan dari para follower. Dengan demikian, suasana hidup dan menyenangkan senantiasa terbangun antara akun dan para follower.

Cara menjadi admin Instagram bisa ditempuh melalui beberapa jalur. Kamu bisa mencari lowongan pekerjaan sebagai admin di berbagai situs lowongan kerja atau pamflet yang disebar di sosial media. Kamu bisa juga lebih pro aktif dengan cara membuat selebaran yang menawarkan jasa sebagai admin Instagram. Selebaran digital tersebut bisa kamu posting di akun sosial media kamu atau di situs-situs lowongan kerja. Cara lain adalah dengan mencari akun-akun Instagram yang potensial yang pengunjungnya banyak tapi belum dikelola oleh seorang admin dan kamu menawarkan diri kepada pemilik akun untuk menjadi admin Instagram baginya. Penawaran jasa bisa dilakukan lewat direct message atau menghubungi nomor kontak yang biasanya tertera di profil. 

Demikian paparan mengenai cara menjadi admin Instagram dan semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba menjadi seorang admin Instagram yang profesional dan berkualitas.

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Admin Instagram, Yuk Dicoba!"