Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Simbol Chi Square di Word

Sebelum kita membahas mengenai bagaimana Cara membuat simbol Chi Square di word, mungkin ada baiknya kita memahami dulu apa itu uji chi square.

Uji Chi square adalah salah satu metode statistik yang diperuntukkan untuk menguji data-data yang bersifat kategorik. Uji ini digunakan untuk menentukan apakah data kategorik yang kita miliki itu berbeda dari data yang diharapkan (expected).


Sebenarnya uji chi square ada dua macam, yaitu untuk satu data kategorik dan untuk dua data kategorik. Tapi yang banyak kita kenal adalah untuk menguji dua data kategorik atau lebih, atau sering kita sebut dengan uji hubungan. (1) Untuk satu data kategori ujinya disebut chi square goodness of fit. Uji ini bertujuan untuk memeriksa apakah distribusi frekuensi dari suatu variabel kategorik itu berbeda dari distribusi frekuensi harapan. (2) Untuk dua kategori atau lebih disebut chi square test of independence. Tujuannya adalah untuk memeriksa apakah kategori 2 variabel itu mempunyai hubungan satu dengan yang lainnya.

Chi square dilambangkan dengan huruf Yunani χ2 dan cara penyebutan yang benar adalah “kai square”, bukan “ci square”.

Cara membuat simbol chi square di word gampang-gampang susah. Cara pertama, kita dapat mencarinya dengan klik menu insert > Symbol > More Symbols. Di kotak dialog Symbol, perhatikan kotak font. Ubah isinya yang semula (normal text) dengan "Symbol", lalu cari lambang χ di antara sekian huruf Yunani yang ada di situ. Agar gampang, silakan perhatikan gambar berikut.


Tapi sebenarnya ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan mengetik deretan huruf ini “03C7” (tanpa tanda petik ya). Setelah diketik, lalu tekan di keyboard tombol “alt”, tahan tombol tersebut, lalu tekan tombol “x”. Maka deretan huruf tersebut akan berubah secara otomatis menjadi χ. Untuk kuadratnya atau squarenya, tinggal kita tekan tombol “2” di keyboard.

Tapi ada lagi cara yang lebih mudah dari kedua cara tersebut di atas, yaitu cukup copy paste ini: χ2. Select dulu, lalu tekan copy, lalu buka microsoft word, lalu paste. Beress.

Demikian artikel Cara Membuat Simbol Chi Square di Word ini, semoga bermanfaat buat para rekan-rekan sekalian. Oh ya, jangan lupa baca artikel kami yang lainnya ya ... Terima kasih ...

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Simbol Chi Square di Word"