Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pekerjaan PNS Itu Seperti Apa? Pelajari Bareng Yuk

Pegawai negeri sipil atau lebih dikenal sebagai PNS ialah pegawai yang diangkat oleh pejabat yang berwenang. Saat ini proses rekrutmen pegawai negeri sipil sudah termasuk dalam proses rekrutmen terbuka. Dari pengumuman formasi apa yang dibutuhkan hingga pengumuman akhir semua dilakukan secara online. Seluruh proses perekrutan dilakukan secara online begitu juga dengan persyaratannya, juga diupload secara online melalui wesbiste resmi pemerintah. Walaupun begitu masih banyak orang yang belum mengetahui pekerjaan PNS itu seperti apa? Untuk mengetahui apa aja pekerjaan PNS, simak penjelasan berikut.
 

5 Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil Sesuai Profesinya


Ada lima pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai negeri sipil antara lain:
 

1. Menyimpan Rahasia Jabatan


Seorang pegawai negeri sipil yang memiliki jabatan tertentu wajib menyimpan rahasia jabatan yang dimilikinya. Ini merupakan salah satu tugas seorang pegawai negeri sipil yang wajib dipenuhi selama masa pengabdiannya. Publik tidak boleh mengetahui apa yang terjadi dalam jabatannya. Walaupun merupakan hal yang baik, namun ada batasan apa saja yang harus dibagikan kepada publik. Maka dari itu jika memang ada rahasia yang harus dijaga Anda harus menyimpannya baik-baik.
 

2. Memberikan Pelayanan Publik


Selain menyimpan rahasia Anda juga harus bisa memberikan pelayanan kepada publik secara maksimal. Pelayanan publik yang Anda berikan harus dilakukan sesuai tugas, pokok dan fungsi jabatan yang Anda emban. Akan tetapi, tidak semua pekerjaan pegawai negeri sipil berhubungan langsung dengan publik. Walaupun begitu Anda harus tetap menanamkan dalam pikiran Anda bahwa saya bekerja untuk masyarakat.
 

3. Menunjukkan Integritas dan Keteladanan yang Baik


Integritas dan keteladanan seorang pegawai negeri sipil amatlah diamati oleh banyak orang. Masyarakat menganggap bahwa pegawai negeri sipil merupakan cerminan pemerintah. Karena itu ada banyak yang menganggap bahwa apa yang dilakukan pegawai negeri sipil selalu benar. Padahal beberapa orang yang memahami pekerjaan PNS itu seperti apa pasti akan mengatakan berat. Mungkin terlihat di luarnya mudah dan menerima gaji tetap setiap bulan, namun tanggung jawab dalam jabatannya juga berat. Apalagi kalau merupakan pimpinan maka akan dijadikan sebagai teladan untuk para bawahannya.
 

4. Melaksanakan Tugas sesuai Peraturan Perundangan


Dalam melaksanakan segala tugas baik di dalam maupun di luar jabatan seorang pegawai negeri sipil harus sesuai peraturan perundangan. Peraturan perundangan tentang kedisiplinan PNS mengikat seluruh pegawai negeri sipil. Oleh sebab itu pegawai negeri sipil tidak boleh melakukan tindakan-tindakan yang melanggar peraturan perundangan. Tindakan-tindakan yang dimaksud tidak hanya perilaku dalam jabatan namun juga di luar jabatan. Seorang pegawai negeri sipil harus memberikan contoh yang baik dalam menaati dan melaksanakan peraturan perundangan.
 

5. Mempererat Persatuan dan Kesatuan NKRI


Pekerjaan pegawai negeri sipil yang paling berat ialah mempererat persatuan dan kesatuan NKRI. Tanggung jawab ini sudah semacam tanggung jawab menjaga agar NKRI tetap Bersatu. Tidak terpecah belah karena persukuan ataupun masalah keagamaan. Keragaman budaya dan kebiasaan seringkali membuat NKRI terpecah. Maka dari itu tugas pegawai negeri sipil adalah menyatukan atau mencegah perpecahan.

Tersebut adalah pemaparan tentang pekerjaan PNS itu seperti apa. Kalau dibilang gampang tapi susah juga ya, tapi jangan khawatir selama Anda taat maka Anda dan jabatan Anda akan aman. Banyak orang mengidam-idamkan pekerjaan sebagai PNS, karena itu Anda harus siap dengan konsekuensi yang ada apabila sudah diterima. Jagalah jabatan dan mengabdilah pada negara dengan sungguh-sungguh.

Posting Komentar untuk "Pekerjaan PNS Itu Seperti Apa? Pelajari Bareng Yuk"