Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Lulusan SMK Agar Diterima Perusahaan

Anda lulusan SMK dan akan melakukan interview kerja? Ada beberapa cara memperkenalkan diri saat interview lulusan SMK yang perlu Anda ketahui. Tentunya dalam melakukan interview ada beberapa cara perkenalan yang bisa membuat pewawancara tertarik kepada Anda. Jika Anda bisa menyampaikan perkenalan diri semenarik mungkin tentu pewawancara akan memilih Anda sebagai pegawai baru. Lantas bagaimana cara perkenalan diri yang baik?

5 Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Lulusan SMK Yang Bisa Dipelajari

Cara perkenalan diri yang baik untuk Anda yang merupakan lulusan SMK ternyata harus mencakup 5 hal di bawah ini. Kelima hal tersebut antara lain:

1. Identitas Diri Lengkap

Cara perkenalan diri pertama yang bisa Anda lakukan ialah memperkenalkan identitas diri Anda secara lengkap. Dimulai dari nama lengkap Anda dan dari mana asal SMK Anda. Lebih jelas silakan sebutkan jurusan saat Anda SMK. Nama lengkap Anda, asal sekolah dan jurusan sekolah  akan semakin membuat Anda dikenal jelas oleh pewawancara. Bahkan ada beberapa pewawancara yang akan menandai Anda saat pertama kali Anda memperkenalkan diri.

2. Paparkan Pengetahuan Yang Anda Punya

Setelah memperkenalkan diri dengan lengkap maka Anda bisa memaparkan tentang pengetahuan yang Anda punya. Pengetahuan-pengetahuan ini bisa Anda sebutkan berupa pengetahuan-pengetahuan berkaitan dengan jurusan saat Anda sekolah. Misalnya kalau jurusan Anda bagian akuntansi maka Anda bisa sebutkan mengenai pengalaman Anda dalam penyusunan laporan keuangan.

3. Pengalaman Organisasi

Selanjutnya yang perlu Anda sampaikan ialah mengenai pengalaman organisasi selama Anda bersekolah SMK. Apabila Anda masih mengikuti organisasi tersebut saat ini juga jelaskan secara efektif. Hindari menyampaikan pengalaman organisasi dengan berlebihan. Jika memang ada hobi yang sesuai dengan jurusan Anda juga bisa sebutkan. Cara memperkenalkan diri saat interview semacam ini juga akan mendapatkan penilaian lebih dari pewawancara.

4. Pengalaman Magang

Selain pengalaman mengenai organisasi atau hobi yang Anda lakukan, memaparkan mengenai pengalaman magang juga penting. Pengalaman magang ini sebaiknya Anda paparkan dalam bentuk pekerjaan seperti apa yang Anda kerjakan selama magang. Berapa lama Anda magang dan dimana Anda magang juga bisa disampaikan. Sampaikan kepada pewawancara mengenai tugas Anda selama magang yang dapat menunjang jurusan Anda. Tugas-tugas yang Anda sampaikan harus sedetail mungkin agar pewawancara tahu kualitas Anda.

5. Sebutkan Motivasi atau Minat Anda

Terakhir hal yang paling penting dan harus Anda sampaikan kepada pewawancara adalah motivasi dan minat Anda. Sebutkan alasan mengapa Anda mendaftar di perusahaan tersebut dan apa yang akan Anda lakukan jika sudah diterima. Pelajari juga visi dan misi perusahaan tempat Anda melamar dan sampaikan bahwa Anda memiliki satu tujuan yang sama dengan perusahaan. Hal yang Anda sampaikan ini akan sangat membuat pewawancara terkesan dan akan memilih Anda menjadi pegawai baru.

Cara memperkenalkan diri saat interview lulusan SMK di atas bisa Anda terapkan saat interview. Jika Anda bisa menyampaikan segala informasi di atas dengan efektif dan efisien tentunya pewawancara akan semakin menyukainya. Pewawancara sering kali menilai tidak hanya dari bobot yang Anda bicarakan, melainkan juga cara Anda berbicara. Pastikan pewawancara terkesan dengan apa yang Anda sampaikan saat Anda melakukan interview. Yakinkan pewawancara kemampuan Anda setelah lulus SMK bisa diandalkan dan dapat bekerja dengan baik. Gunakan bahasa formal yang efektif dan efisien sehingga tidak terkesan berlebihan. [akmnl]

Posting Komentar untuk "Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Lulusan SMK Agar Diterima Perusahaan"