Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengen Kuliah Tapi Bingung Jurusan Apa? Ini Rekomendasi Jurusan yang Cocok Buatmu!

Memilih jurusan memang bukan perkara mudah. Dengan banyaknya pilihan jurusan yang ada, terkadang membuat calon mahasiswa sulit menentukan mana jurusan yang pas. Jadi lumrah kalo banyak yang bertanya, Pengen kuliah tapi bingung jurusan apa? Sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir, ada beberapa rekomendasi jurusan yang mungkin cocok sesuai dengan skill atau bakatmu disini!

1. Jurusan Teknik

Jika kamu termasuk orang yang kuat dalam sains atau hitung-hitungan, jurusan teknik mungkin bisa jadi jawabannya. Ada banyak pilihan jurusan teknik yang bisa kamu pilih, mulai dari teknik Kimia, Fisika, Matematika, Geologi, Industri, Elektro, Mesin dan masih banyak lagi.

Semua cabang ilmu yang terdapat pada jurusan teknik memang tidak bisa dianggap remeh. Sebab kamu akan berkutat dengan materi-materi yang siap menguras otak. Tapi, jika kamu suka tantangan, menyukai hal-hal yang rumit termasuk hitung-hitungan, tak ada salahnya mencoba jurusan ini. 
Apalagi di dunia kerja, lulusan teknik banyak dicari dengan gaji yang cukup fantastis menyesuaikan beban kerjanya. 

2. Jurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran termasuk salah satu jurusan yang banyak dicari. Meskipun membutuhkan modal dan perjuangan yang besar, namun prospek pekerjaannya sangat menjanjikan. Bahkan kamu nantinya tidak hanya bekerja di sebuah instansi saja, tetapi juga bisa berdiri sendiri. Karena bisa mendirikan klinik hingga rumah sakit sendiri jika kamu melanjutkan pendidikan kedokteran lagi dengan memilih spesialisasi dalam bidang tertentu. 

3. Jurusan Psikologi

Bagi kalian yang pengen kuliah tapi bingung jurusan apa, jurusan psikologi dapat menjadi salah satu alternatif. Jurusan psikologi termasuk jurusan paling dicari dalam dunia kerja. Apalagi di zaman sekarang ini, banyak masyarakat yang mulai menyadari betapa pentingnya kesehatan mental. Seorang psikolog biasanya diperlukan untuk berbagai hal, seperti menganalisis, mengelola data, problem solving, mengelola empati dan melakukan asesmen.

Bukan hanya itu, peluang kerja mahasiswa lulusan psikolog juga bisa menjadi konsultan pendidikan, personalia, dan asesor. 

4. Jurusan Hukum

Bagi yang memiliki daya nalar yang bagus, maka jurusan hukum mungkin bisa menjadi pilihannya. Karena jurusan ini tidak berkutat pada pelajaran eksak dan matematika yang berbasis hitung-hitungan, melainkan harus memahami pasal-pasal dalam undang-undang. Karena untuk mengatasi suatu perkara harus benar-benar memahami dan menghafal pasal-pasal tersebut. 

5. Jurusan Perhotelan

Nggak mau ribet dengan hafalan dan hitung-hitungan? Kamu bisa memilih salah satu jurusan yang paling mudah dan banyak diminati, yaitu jurusan perhotelan. Jika kamu memilih jurusan ini, bisa berkesempatan untuk mengunjungi dan mengenal hotel-hotel ternama. Bahkan proses perkuliahannya juga dilakukan secara outdoor atau diluar kelas, jadi dijamin tidak membuatmu mudah bosan. 

6. Jurusan Pariwisata

Jurusan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari jurusan perhotelan, karena sama-sama menyenangkan dan tidak terlalu rumit. Justru sebaliknya, kamu bisa mengeksplor berbagai tempat wisata dan bisa liburan setiap waktu sambil menyelesaikan tugas kuliah.

Kegiatannya juga kebanyakan dilakukan di luar kelas, sehingga termasuk salah satu jurusan paling santai, apalagi kamu bisa sambil jalan-jalan. Dengan mengambil jurusan ini, dijamin membuatmu tidak merasa bosan. 

7. Jurusan Antropologi

Jika kamu pencinta tradisi dan kebudayaan, maka jurusan antropologi bisa menjadi pilihannya. Di jurusan ini kami akan sering mengikuti perkuliahan di luar kelas bahkan dalam waktu lama. Tidak jarang, mengharuskanmu untuk menetap beberapa lama di sebuah daerah. Tujuannya untuk mengetahui tradisi dan jejak kebudayaan di masa lampau.

8. Jurusan Sastra Asing

Jurusan sastra asing bisa kamu pilih jika kamu termasuk orang yang mampu menguasai bahasa asing. Tentu saja kamu bisa memilih jurusan bahasa asing sesuai bahasa yang kamu ingin kuasai. Ketahuilah, jika kamu menjadi mahasiswa lulusan sastra asing, akan ada banyak perusahaan yang membutuhkan setelah lulus. 

Bagi kamu yang pengen kuliah tapi bingung jurusan apa, tidak perlu bingung lagi saat memilih jurusan, karena yang harus dipertimbangkan adalah memilih jurusan sesuai dengan hobi dan skill yang kamu miliki. Agar kelak, kamu bisa menyelesaikan studi tepat waktu! [mtm]

Posting Komentar untuk "Pengen Kuliah Tapi Bingung Jurusan Apa? Ini Rekomendasi Jurusan yang Cocok Buatmu!"