Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Menjawab Soal Pilihan Ganda Agar Cepat dan Hasilnya Bagus

Soal pilihan ganda merupakan soal yang seringkali membutuhkan waktu lebih banyak dikerjakan daripada soal esai. Ada beberapa rahasia menjawab soal pilihan ganda yang bisa Anda terapkan agar Anda bisa menyelesaikan soal tepat waktu. Jangan sampai Anda kehabisan waktu untuk mengerjakan soal pilihan ganda namun belum mengerjakan soal esai.

5 Tips Rahasia Menjawab Soal Pilihan Ganda

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat Anda menemui soal pilihan ganda dalam ujian. Tips-tips tersebut antara lain:

1. Mencermati Seluruh Jawaban

Tips pertama yang bisa Anda terapkan ialah mencermati seluruh jawaban. Sebelum memilih jawaban yang benar maka Anda harus mencermati semua jawabannya dulu. Menguraikan satu per satu jawaban dengan cepat dan efisien akan membuat nilai Anda tinggi karena banyak jawaban yang benar. Setelah mencermati keseluruhan jawaban maka Anda bisa langsung memilih jawaban mana yang sekiranya merupakan jawaban yang benar. Pastikan dalam mencermati keseluruhan jawaban Anda tidak menggunakan banyak waktu, lakukan seefisien mungkin.



2. Cari Jawaban Yang Salah

 Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan setelah mencermati seluruh jawaban ialah mencari jawaban yang salah. Hasil dari mencermati jawaban-jawaban secara menyeluruh akan memudahkan Anda melakukan eliminasi terhadap jawaban yang salah. Dengan mencari jawaban yang salah, maka jawaban-jawaban yang salah tersebut harus segera diabaikan. Setelah jawaban yang salah dieliminasi maka tinggal ada jawaban benar yang siap Anda pilih.

3. Membaca Soal Berkali-kali

Jika langsung mencermati jawaban ataupun mencari jawaban yang salah Anda masih kesulitan maka Anda perlu membaca soal berkali-kali. Terkadang ada soal yang membutuhkan analisis secara lebih mendalam dan pemikiran di luar nalar. Dengan membaca soal berkali-kali maka lama kelamaan Anda akan memahami jawaban mana yang benar. Terkadang sekali membaca soal Anda belum bisa menemukan jawabannya sehingga perlu membaca ulang. Hal ini wajar karena kemampuan membaca dan memahami soal setiap orang berbeda.

4. Jawab Dulu Soal Yang Mudah

Rahasia menjawab soal pilihan ganda lainnya yang bisa Anda terapkan ialah menjawab soal yang mudah terlebih dahulu. Lewati beberapa soal yang sekiranya dirasa sulit agar tidak semakin banyak waktu yang terbuang sia-sia. Soal yang sulit biasanya akan membutuhkan analisis yang lebih mendalam dibandingkan soal yang mudah. Untuk itu Anda harus mengerjakan soal yang lebih mudah dahulu baru beralih kembali ke soal yang sulit. Pastikan dalam mengerjakan soal yang sulit setelah Anda mengerjakan semua soal terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa menggunakan waktu sebaik mungkin dalam mengerjakan soal.

5. Menandai Jawaban Yang Hampir Benar

Jika dari semua jawaban Anda merasa bahwa jawaban tersebut tidak akan ada yang benar maka tandai jawaban yang hampir benar. Dengan memberi tanda pada jawaban yang hampir benar, Anda bisa beralih ke soal yang lainnya. Pastikan Anda menandai juga soal-soal yang belum Anda jawab sama sekali. Ini untuk memudahkan Anda saat melakukan pengerjaan ulang terhadap soal-soal yang belum Anda kerjakan. Anda bisa langsung menuju soal yang sudah diberi tanda dan segera bisa menentukan jawaban yang benar.

Beberapa tips yang berisi rahasia menjawab soal pilihan ganda di atas bisa Anda terapkan saat ujian. Dengan menggunakan tips di atas Anda akan bisa melakukan manajemen waktu pengerjaan soal dengan baik. Soal-soal akan terselesaikan dalam waktu seefektif dan seefisien mungkin. Dan tentu saja hasilnya juga akan memuaskan. [akmnl]

Posting Komentar untuk "Rahasia Menjawab Soal Pilihan Ganda Agar Cepat dan Hasilnya Bagus"