Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CPNS lulusan SMA kerja apa?

Formasi untuk CPNS tidak melulu untuk yang sarjana saja. Tetapi pemerintah juga membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA atau yang sederajat misalnya SMK ataupun paket C. 

Adapun persyaratan umum utama untuk bisa mendaftar CPNS baik itu sarjana maupun lulusan SMA sederajat adalah persyaratan umur. Nomor yang diterima adalah mereka yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 40 tahun. 

Persyaratan lain tentunya adalah memiliki dokumen-dokumen umum seperti ijazah dan transkrip nilai akte lahir, KTP, membuat daftar riwayat hidup atau kurikulum vitae, mempunyai pas foto umumnya adalah ukuran 3 x 4 terus tentunya membuat surat lamaran dan surat pernyataan bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Indonesia atau wilayah lain yang ditunjuk oleh pemerintah. 

Hal yang paling sering ditanyakan oleh para lulusan SMA atau SMK adalah CPNS lulusan SMA kerja apa di instansi yang menerima mereka?

Dalam penerimaan CPNS termasuk yang SMA atau SMK itu sudah ditentukan jenis pos yang akan diisi. Artinya pada saat mendaftar calon peserta ujian CPNS sudah mengetahui gambaran pekerjaan yang akan mereka lakukan nantinya. Tentunya jenis kerja apa yang akan dilakukan sangat tergantung kepada jenis instansi yang menerima. 

Sebagai contoh adalah instansi Kemenkumham atau kementerian hukum dan HAM. Kementerian ini biasanya membuka lowongan untuk lulusan SMA atau SMK atau MA, dengan pekerjaan sebagai penjaga tahanan atau sipir pemeriksa keimigrasian dan lain-lain. 

Sedangkan untuk CPNS kejaksaan agung pekerjaan untuk lulusan SMA atau SMK adalah sebagai pengawal tahanan atau pengawalan narapidana serta pengemudi mobil tahanan. 

Contoh lain adalah CPNS kementerian lingkungan hidup dan kehutanan Di mana para lulusan SMA atau SMK diperuntukkan untuk menjadi pelaksana pemula polisi kehutanan. 

Untuk lulusan SMK di CPNS kementerian pertanian pekerjaan untuk mereka antara lain adalah pelaksana pemula karantina hewan, pelaksana pemula petrainer, pengawas benih tanaman pemelihara kebun, dan pengendali organisme pengganggu tumbuhan. 

Tapi perlu diingat bahwa jenis-jenis pekerjaan itu hanyalah contoh saja dari beberapa yang pernah dibuka oleh kementerian tersebut. Masih banyak contoh pekerjaan lain terutama untuk kementerian lain. 

Jadi untuk mengetahui apa saja jenis pekerjaan spesifik untuk lulusan SMA atau SMK atau yang sederajat, pelamar harus melihat langsung ke website dari kementerian terkait tentang jenis formasi spesifik apa yang mereka sedang buka untuk tahun yang bersangkutan. Karena formasi yang dibuka biasanya tergantung pada tahun misalnya 2022 tentunya berbeda dengan CPNS 2023, CPNS 2024, CPNS 2025, dan seterusnya. Selain itu juga ada perbedaan daerah formasi jadi bisa saja di satu provinsi formasi untuk SMA dan SMK dibuka di provinsi lainnya tidak dibuka. 

Demikian gambaran sekilas dari artikel CPNS lulusan SMA kerja apa. Intinya pekerjaannya sudah spesifik dan tergantung kepada instansi yang ingin dilamar dan pada tahun berapa ikut ujiannya dan memilih daerah mana pelamar ingin bekerja. 

Semoga bermanfaat. [me]

Posting Komentar untuk "CPNS lulusan SMA kerja apa?"