Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Menjawab Soal TIU CPNS, Pelajari Biar Lolos!


Mengikuti ujian penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh hampir setiap orang. Pasalnya pendaftaran CPNS tidak dibuka setiap tahun, kalaupun ada pendaftaran itupun terbatas. Jadi para pelamar yang berminat masuk di instansi-instansi yang diincar akan mempersiapkan diri secara maksimal, baik mental, penguasaan materi dan Kesehatan fisik. Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan agar mendapatkan nilai di atas passing grade atau ambang batas juga cukup banyak. Mulai dari berlatih soal-soal, membaca dan mempelajari trik untuk menjawab soal TIU CPNS, dan hal-hal lain. Biasanya para pelamar akan mempersiapkan hal ini jauh-jauh hari sebelum momen ujian. Nah jika Anda adalah salah satu calon pelamar, simak trik berikut ini agar lolos.

Trik Menjawab Soal TIU CPNS Agar Lolos Passing Grade

Mempersiapkan mental sangat penting sebelum menghadapi ujian penerimaan CPNS. Namun mempelajari trik-trik dalam mengerjakan soal juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, simak trik berikut agar Anda mendapat nilai di atas passing grade:

1. Pelajari Materi Jauh-Jauh Hari

Setiap ujian penerimaan hampir seluruh soal yang diberikan selalu berbeda dari tahun sebelumnya. Meskipun karakteristiknya sama, namun isi soalnya hampir dibuat tidak sama dengan periode sebelumnya. Oleh karena itu, Anda harus rajin-rajin mempelajari seluruh materi-materi sesuai kisi-kisi yang diberikan. Apalagi jenis soal TIU, Anda harus benar-benar mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum momen ujian dilakukan, minimal 2 bulan sebelumnya.

2. Pahami Karakteristik Tes

Di dalam seleksi penerimaan CPNS, ada beberapa karakter jenis tes, ada TKP atau Tes Karakteristik Pribadi, TWK atau Tes Wawasan Kebangsaan dan TIU atau Tes Intelegensi Umum. Dari ketiga jenis tes ini pahami dengan detail soal mana yang lebih mudah dan harus dikerjakan lebih dulu. Biasanya TKP adalah jenis tes yang bobotnya lebih ringan dibanding TIU dan TWK, jadi Anda bisa mengerjakan TKP terlebih dahulu. Setelah mengerjakan TKP, kemudian dilanjutkan mengerjakan TWK dan terakhir TIU. Jadikan TIU tahap akhir dalam pengerjaan, karena ini merupakan tes yang paling sulit dan butuh waktu lebih lama dibanding kedua tes tersebut.

3. Pastikan Untuk Tidak Mengosongkan Jawaban

Dengan mengerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjaan soal-soal yang sulit. Pastikan juga untuk tidak mengosongkan jawaban Anda. Sisakan beberapa menit diakhir untuk mengecek soal-soal yang belum dikerjakan. Dengan begini Anda tidak akan melewatkan satu soalpun yang belum terjawab. Jadi manajemen waktu adalah kunci utama dalam mengerjakan soal. 

4. Bersikaplah Tenang Selama Mengerjakan Soal

Trik menjawab soal TIU CPNS selanjutnya adalah selalu bersikap tenang dan jangan terburu-buru dalam mengerjakan, terutama soal TIU. Lakukanlah secara teliti dan jangan ceroboh menjawab soal-soal yang diberikan. Karena TIU memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, jika dikerjakan dengan tergesa-gesa justru Anda tidak akan bisa fokus. Duduklah dengan nyaman dan berusahalah untuk selalu tenang, kemudian bacalah soal TIU dengan baik. Dengan kondisi yang nyaman dan tenang, Anda akan lebih mudah memahami dan mengerjakan soal dengan hasil yang memuaskan.

Untuk mendapatkan nilai di atas passing grade dalam ujian CPNS memang membutuhkan perjuangan yang cukup matang. Mulai dari persiapan mental, materi latihan soal-soal, mempelajari trik menjawab soal TIU CPNS dan lain sebagainya. Namun jika Anda telaten dan rajin dalam mempersiapkannya, Anda akan berpeluang besar mendapat posisi yang diincar. Mengingat banyaknya pesaing dan sedikitnya peluang, Anda harus mempersiapkannya secara maksimal.

Posting Komentar untuk "Trik Menjawab Soal TIU CPNS, Pelajari Biar Lolos!"