Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal TWK mencakup apa saja? Ini jawabannya

Para peserta ujian CPNS atau PPPK biasanya banyak yang bertanya mengenai soal TWK. Bentuk pertanyaannya antara lain soal TWK mencakup apa saja? Akan kami bahas berikut ini. Tetapi sebelum itu perlu kami informasikan bahwa tes wawasan kebangsaan merupakan bagian dari tes seleksi kompetensi dasar bersama dengan tes intelegensia umum atau TIU dan tes karakteristik pribadi atau TKP. Jumlah soal tes twk adalah 30 dari seluruh soal SKD sebanyak 110 soal. Adapun passing grade soal TWK adalah 65. 

Soal TWK atau tes wawasan kebangsaan adalah salah satu jenis soal yang ada dalam tes ujian seleksi kompetensi dasar CPNS atau PPPK.

Tujuan dari tes TWK atau tes kebangsaan adalah untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman peserta ujian mengenai hal-hal yang berkenaan dengan kebangsaan. Rinciannya antara lain mengenai Pancasila UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Secara umum tes twk mencakup 4 hal yaitu nasionalisme, integritas, bela negara, dan pilar negara. 

Hal-hal yang berkaitan dengan kebangsaan tersebut biasanya ditanyakan dalam bentuk pengetahuan terhadap sejarah perjuangan bangsa Indonesia baik di masa penjajahan maupun masa perang kemerdekaan kemudian sistem ketatanegaraan peran penting negara Indonesia baik dalam tatanan regional maupun tatanan global secara keseluruhan. Selain itu ditanyakan juga tentang kemampuan menguasai bahasa Indonesia dan pengetahuan terhadap wilayah negara kesatuan republik Indonesia. 

Selain itu kadang-kadang pertanyaan juga berkaitan dengan perundang-undangan yang saat ini berlaku di Indonesia baik itu undang-undang pidana, undang-undang perdata, maupun undang-undang lainnya. 

Mengenai Pancasila biasanya ditanyakan butir-butirnya dan penerapan butir-butir tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya sikap tertentu dihubungkan dengan butir kesekian dari Pancasila sila yang kesatu, kedua,  dan seterusnya. 

Ada juga pertanyaan yang berkaitan dengan pemberantasan korupsi. Jadi pertanyaan ini biasanya berhubungan dengan institusi yang memberantas korupsi di Indonesia yaitu komisi pemberantasan korupsi atau KPK. Pertanyaan biasanya berkaitan dengan sikap kita terhadap upaya pencegahan korupsi atau penindakan korupsi. 

Selain Pancasila biasanya ditanyakan juga hal-hal terkait undang-undang dasar 1945 baik pada mukadimah atau pembukaan maupun pada batang tubuh serta penjelasannya. Jangan lupa juga untuk belajar mengenai amandemen dari undang-undang dasar 1945 yang telah dilakukan beberapa kali. Amandemen artinya perubahan-perubahan yang dianggap perlu yang disetujui oleh MPR pada saat itu. 

Pertanyaan juga kadang-kadang menanyakan mengenai peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah bangsa Indonesia misalnya peristiwa Bandung lautan api, peristiwa sumpah pemuda, peristiwa krisis moneter 1998, dan peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. 

Soal juga tidak melulu mencakup dalam negeri Indonesia. Soal TWK kadang-kadang menyangkut perihal kejadian-kejadian penting di dunia secara keseluruhan tetapi yang dianggap berdampak kepada negara Indonesia. Contohnya gerakan non-blok, ASEAN, PBB, dan lain sebagainya. 

Agar bisa menjawab soal TWK dengan baik dan lancar serta tepat waktu maka peserta harus mempunyai wawasan luas terhadap empat hal yang sering ditanyakan yaitu nasionalisme, integritas, bela negara, dan pilar negara. 
Caranya tentu saja dengan banyak membaca buku-buku sejarah perjuangan bangsa dan sejarah dunia, buku-buku terkait ketatanegaraan dan buku-buku terkait perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. 

Demikian artikel mengenai soal TWK mencakup apa saja? Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian yang sedang mempersiapkan ujian masuk CPNS maupun PPPK. [me]

Posting Komentar untuk "Soal TWK mencakup apa saja? Ini jawabannya"