Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Food Advisor Kerjanya Ngapain Aja? Peluang Kerja Yang Banyak Diincar!

Bekerja merupakan salah satu passion yang menjadi tujuan setiap orang. Selain itu, memiliki pekerjaan dengan jabatan yang tinggi menjadi impian banyak orang. Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa setiap perusahaan memiliki berbagai jenis pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. Seperti dalam sebuah toko, terdapat jabatan food advisor. Nama lain jabatan food advisor adalah pramuniaga. Jabatan ini menjadi incaran bagi pekerja di toko. Bagi Anda yang akan bekerja ditoko haruslah memiliki modal pengetahuan tentang jabatan yang dibutuhkan. Misalnya Anda berminat menjadi food advisor, maka Anda juga sebaiknya paham sebenarnya food advisor kerjanya ngapain aja. 

Nah bagi Anda yang masih pemula, tetap bisa lho melamar di posisi ini dengan mempelajari tugas-tugas dari food advisor. Berikut uraiannya.

Apa saja tugas dari food Advisor?

Mengemban tugas apapun dalam pekerjaan merupakan amanah yang harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Sebagaimana food advisor memiliki tugas yang cukup banyak karena merupakan tugas yang krusial. Selain berhubungan langsung dengan konsumen, seorang food advisor juga mengatur keluar masuk barang jualan. Berikut ini adalah uraian tentang Food advisor kerjanya ngapain saja yang perlu Anda pahami.

Melakukan Pelayanan Kepada Konsumen

Ketika Anda bekerja di toko, tugas utamanya adalah melayani penjual. Namun, berbeda ketika Anda menjabat sebagai food advisor, Anda akan dilibatkan untuk melayani konsumen dan juga melakukan transaksi di kasir. Sehingga perlulah memiliki skill yang bagus dalam menjalani pekerjaan ini. Selain memberikan pelayanan kepada konsumen secara langsung, food advisor juga melayani konsumen via telepon atau delivery order.

Meningkatkan Database Konsumen

Food advisor juga akan dilibatkan dalam rangka meningkatkan database konsumen dengan cara menyebarkan brosur ke warga untuk mengetahui produknya apa saja yang dijual. Misalnya dilibatkan dalam agenda bazar maupum open table di tempat keramaian. Memberikan harga promo pada tanggal atau bulan tertentu, hal ini akan menarik konsumen untuk membeli. Cara-cara tersebut akan menarik lebih banyak minat pembeli, sehingga penjualan meningkat. 

Melakukan Penerimaan Barang

Selain yang tersebut di atas, food advisor juga bertugas dalam penerimaan barang yang baru datang. Sehingga apabila ada pengiriman barang yang masuk, maka food advisor yang akan menerima. Kemudian barang tersebut juga harus tertata rapi dalam display toko yang sesuai dengan tempatnya. 

Menjaga Penampilan

Penampilan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan apabila penampilan food advisor rapi akan meningkatkan daya beli dari konsumen tersebut. Jadi ketika Anda menjabat sebagai food advisor harus selalu menjaga penampilan; berpakaian rapi, dan bagus selama bekerja. Selain berpenampilan bagus, Anda juga harus melayani konsumen dengan sopan serta menjaga kebersihan di dalam toko.

Melakukan Setoran Uang Ke Bank

Selain melayani konsumen dan mengatur keluar masuk barang, seorang food advisor juga diberikan tanggung jawab untuk menyetorkan uang ke Bank. Jadi, uang hasil penjualan yang telah diinput, harus disetorkan ke bank. Hal ini sebagai laporan harian untuk mengetahui pendapatan toko. Menyetorkan uang ke bank juga sebagai cara menyimpan uang yang aman, sehingga lebih aman dari pencuri apabila toko telah tutup.

Pemaparan tersebut di atas merupakan tugas sebagai food advisor. Bagi Anda yang akan melamar kerja di sebuah toko atau supermarket, harus memahami kelima tugas tersebut. Dengan memahami kelima poin tersebut Anda tidak akan bertanya-bertanya lagi food advisor kerjanya ngapain. Semoga pemaparan tersebut menambah wawasan bagi Anda yang belum paham tentang tugas-tugas dari food advisor. [akml]

Posting Komentar untuk "Food Advisor Kerjanya Ngapain Aja? Peluang Kerja Yang Banyak Diincar!"