Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalur Mandiri Gede Gedean Uang, Betulkah? Simak Faktanya!

Bagi siswa kelas 12 yang akan diwisuda, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tentu menjadi pilihan penting, apalagi dengan lulus SNMPTN atau SBMPTN di perguruan tinggi, membuat biaya kuliah lebih ringan dibandingkan kuliah di kampus swasta. 

Berbeda dengan jalur mandiri, jalur seleksi khusus calon mahasiswa baru disediakan oleh pihak penyelenggara PTN. Berikut dibawah ini ulasan tentang Jalur Mandiri Gede Gedean Uang, Simak faktanya!

Apa Itu Jalur Mandiri?

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan SNMPTN dan SBMPTN bukan? Nah, kedua jalur tersebut merupakan jalur seleksi mahasiswa baru yang diselenggarakan secara nasional oleh LTMPT. Sedangkan jalur mandiri merupakan seleksi mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh masing-masing universitas.


Nama jalur mandiri dari masing-masing universitas juga berbeda-beda lho. Misalnya Universitas Indonesia dengan SIMAK UI, Universitas Padjadjaran dengan SMUP, Universitas Gadjah Mada  dengan UTUL UGM, dan juga masih banyak lagi.

Fakta Jalur Mandiri Gede Gedean Uang

Pasti sudah sering mendengar ungkapan bahwa masuk PTN melalui jalur mandiri pasti mahal kan? berikut akan kami jelaskan alasan kenapa jalur mandiri terkesan mahal. Dibaca sampai habis, ya!

1. Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri

Berbeda dengan SBMPTN yang biaya pendaftarannya sama untuk semua PTN, biaya pendaftaran jalur mandiri ditentukan oleh masing-masing penyelenggara PTN. Biaya pendaftaran untuk jalur mandiri sendiri biasanya berkisar antara Rp100.000 hingga Rp500.000.

Selain itu, Anda hanya dapat mendaftar untuk jurusan di PTN jika Anda mendaftar melalui jalur mandiri. Artinya semakin banyak kampus yang ingin kamu daftarkan melalui jalur mandiri maka semakin banyak pula biaya pendaftaran yang harus kamu keluarkan.

2. Uang Pangkal Atau SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi) 

Biaya masuk merupakan aspek yang paling membedakan antara jalur SNMPTN dan SBMPTN dengan jalur mandiri. Biaya masuk atau SPI adalah jumlah nominal uang yang harus dibayarkan oleh calon mahasiswa diluar biaya pendaftaran dan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Anda tidak perlu khawatir. Belum semua PTN mendirikan jalur mandiri yang bebas biaya masuk, seperti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

3. Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa jalur mandiri UKT akan lebih mahal dibandingkan jalur lainnya. Sebenarnya, hal ini tidak benar. Setiap PTN tetap akan menentukan besaran UKT sesuai dengan kemampuan keuangan keluarga.

Kampus mungkin menganggap Anda berasal dari keluarga yang mampu secara finansial karena Anda mampu menjanjikan biaya pokok nominal yang besar. Namun, tidak menutup kemungkinan mahasiswa mandiri juga mendapatkan UKT yang rendah, lho.

Jenis Seleksi di Jalur Mandiri

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, jenis seleksi untuk setiap universitas mungkin berbeda. Selain menggunakan rapor sebagai jalur penilaian mandiri, ada juga beberapa perguruan tinggi yang menggunakan nilai UTBK dan ujian tertulis tersendiri. Sekarang, kita akan membahas tuntas tentang jenis-jenis seleksi atau penilaian yang ada di jalur mandiri.

1. Nilai Ujian Tulis 

Jika PTN ideal Anda menggunakan nilai tes tertulis untuk proses seleksi jalur mandiri, berarti Anda harus mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh PTN tersebut. Eits, nggak perlu khawatir harus belajar dari 0 lagi, karena materi tes tulis mandiri mayoritas sama dengan materi yang diujikan di UTBK.

2. Nilai UTBK

Nah, inilah mengapa Anda tidak boleh meremehkan UTBK. Ternyata nilai UTBK ini tidak hanya bisa digunakan untuk mendaftar SBMPTN lho, Anda. Beberapa PTN membuka jalur mandiri dengan menggunakan nilai UTBK yang telah diperoleh.

3. Nilai Rapor 

Bagi Anda yang kurang percaya diri dengan hasil nilai UTBK atau ujian tulis mandiri, Anda bisa mencari jalur PTN mandiri yang menggunakan raport. Mari kita mulai menyiapkan rapor. Jangan sampai kamu hanya mencari rapor saat hari terakhir pendaftaran, ya!

4. Prestasi 

Pasti ada Anda yang punya prestasi akademik dan non akademik saat masih sekolah kan? Ini merupakan kesempatan emas bagi Anda karena beberapa PTN telah membuka jalur mandiri dengan syarat sertifikat prestasi atau kejuaraan.

Kesimpulannya, jalur mandiri memang biayanya lebih besar dibanding jalur reguler. Tetapi, walaupun demikian, faktor uang bukan satu-satunya syarat kelulusan. Kemampuan calon mahasiswa yang bersangkutan tetap menjadi prasyarat untuk bisa kuliah di jurusan yang dituju.

Demikian ulasan tentang, Jalur Mandiri Gede Gedean Uang, Betulkah? Simak Faktanya!. semoga bermanfaat. [iapr]

Posting Komentar untuk "Jalur Mandiri Gede Gedean Uang, Betulkah? Simak Faktanya!"