Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Tujuan Psikotes

Mengetahui  Manfaat dan Tujuan Psikotes - Tes psikologi adalah tes yang dilakukan untuk mengukur aspek individu secara psikologis. Tes ini dapat berupa evaluasi tertulis, proyektif, atau verbal yang dilakukan untuk mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang. Dimana, tujuan tes adalah untuk mengukur berbagai kemungkinan kemampuan mental berbagai orang dan faktor pendukung lainnya.

Termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian dan kecerdasan. Jadi secara sederhana, tes psikologi adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui gambaran seseorang mulai dari kemampuan kognitif, kondisi emosi, kecenderungan sikap dan hal-hal yang mempengaruhi kecenderungan tersebut. Sehingga dalam psikotes, kemampuan yang diukur bukan hanya tentang IQ seseorang. Berikut dibawah ini Manfaat dan Tujuan Psikotes.

Manfaat Psikotes

Mengetahui Sifat Kepribadian

Tes psikologi memiliki manfaat untuk mengetahui kepribadian yang belum pernah diketahui seseorang. Hal itu karena untuk mengetahui kepribadian seseorang akan sulit dilakukan baik saat wawancara maupun kegiatan observasi lainnya. Dengan melakukan psikotes, kepribadian seseorang akan lebih mudah diukur.

Psikodinamika Lebih Mudah Diketahui

Psikodinamika adalah teori psikologi atau teori kepribadian yang mampu menganalisis dasar-dasar kepribadian seseorang dengan benar. Psikodinamika mencakup penelitian yang tidak hanya berputar di sekitar kepribadian seseorang. Termasuk juga perasaan dan emosi terutama dalam menghadapi suatu masalah atau tantangan. Psikodinamika seseorang dapat lebih mudah diketahui tentunya dengan menggunakan soal-soal berupa melakukan tes psikologi.

Mengetahui Kondisi Mental Seseorang

Tes psikologi bertujuan untuk mengetahui kondisi mental seseorang. Dimana seseorang yang mengalami gangguan jiwa atau tidak dapat lebih mudah diidentifikasi melalui proses pelaksanaan psikotes.

Sebagai Tolok Ukur Kecerdasan

Suatu bentuk kecerdasan yang dapat diukur melalui tes psikologi. Dimana, tes psikologi itu sendiri adalah kecerdasan kecerdasan (IQ) dan kecerdasan emosional dan spiritual (EQ). Hal ini dikarenakan dalam beberapa kasus, seorang calon yang nantinya akan menjadi pegawai diharapkan memiliki aduan kecerdasan dan kecerdasan emosional yang seimbang.

Tingkat IQ tertentu diperlukan seseorang untuk melakukan pekerjaan dan memecahkan masalah yang mungkin mereka hadapi. Namun, di sisi lain EQ juga sangat penting karena dalam beberapa hal, seorang karyawan harus mampu berdiplomasi, bernegosiasi, mendelegasikan pekerjaan dan mengambil keputusan. 

Dalam hal itu, adanya psikotes akan dapat membantu perekrut untuk mengetahui kombinasi tingkat IQ dan EQ seseorang. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan gambaran bagaimana sang kandidat akan tampil di tempat kerja.

Tujuan Psikotes

Bagian Dari Proses

Tes psikologi merupakan ujian tertulis yang umumnya wajib bagi pelamar yang berniat menjadi pekerja di suatu perusahaan. Tes psikologi ini sudah menjadi bagian dari proses rekrutmen karyawan di sebuah perusahaan.

Biasanya proses rekrutmen karyawan di perusahaan diawali dengan pembuatan surat lamaran kerja, setelah itu mereka mengikuti psikotes. Kemudian, calon karyawan akan menghadapi tes wawancara untuk lebih matang dan sesuai dengan hasil tes psikologi.
Mencari Tahu Kepribadian Seseorang

Dari sejumlah pertanyaan yang diberikan selama psikotes, terlihat bahwa kepribadian seorang calon tenaga kerja dimulai dari cara pelamar menjawab pertanyaan atau jawaban. Tes psikologi ini dilakukan dengan salah satu tujuan yaitu untuk melihat kemampuan calon tenaga kerja dalam menganalisa dan menunjukkan suatu hal hingga hal-hal yang kecil dan sejumlah pertanyaan yang terdapat dalam tes psikologi tersebut.

Hasil Psikotes Yang Bisa Berpengaruh Pada Pekerjaan

Dari hasil psikotes calon tenaga kerja yang melamar di suatu perusahaan, dapat diketahui bahwa orang-orang tersebut adalah tipe orang yang teliti, pandai menganalisa, berwatak sosial dan termasuk tipe kreatif. 

Karena sejumlah soal tes psikologi termasuk dalam kelompok soal logika yang digunakan untuk menentukan tingkat IQ, soal verba yang digunakan untuk menentukan kemampuan komunikasi, dan soal analitis yang digunakan untuk mengetahui seberapa detail dan teliti dalam menganalisis suatu masalah.

Demikian ulasan tentang, Mengetahui  Manfaat dan Tujuan Psikotes. Semoga bermanfaat. [iapr]

Posting Komentar untuk "Manfaat dan Tujuan Psikotes"