Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat CPNS Terbaru, Siapkan Sebelum Melamar!

Pegawai negeri sipil atau PNS adalah semua personel di sektor publik selain petugas militer dan polisi. Ini termasuk pegawai pemerintah, guru, perawat, dokter dan petugas kesehatan lainnya. Pegawai negeri bekerja untuk pemerintah dan melaksanakan tugas-tugas pemerintah. Jika Anda ingin mengikuti CPNS alangkah baiknya untuk mengetahui syarat yang diberlakukan terlebih dahulu.

Pegawai negeri sipil bekerja untuk pemerintah dan melaksanakan tugas-tugas pemerintah. Mereka dipekerjakan oleh pemerintah, dibayar oleh pemerintah, dan mereka melayani sesama warga negara. Pegawai negeri dapat ditemukan di berbagai bidang seperti pendidikan, perawatan kesehatan, penegakan hukum, layanan pertahanan, proyek pekerjaan umum, dan banyak lagi.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti CPNS, ada banyak persyaratan yang akan membantu Anda. Apabila Anda memenuhi semua persyaratan ini dan yakin diri Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan itu, maka jangan ragu-ragu-melamar hari ini.

Syarat CPNS Terbaru 2022/2023

Persyaratan untuk CPNS tercantum di bawah ini.
  • Anda harus warga negara Indonesia.
  • Anda harus berusia di atas 18 tahun pada saat Anda melamar.
  • Anda harus telah menyelesaikan setidaknya pendidikan sekolah menengah atas, atau yang setara, seperti sertifikat sekolah teknik senior, atau lulus dari perguruan tinggi atau universitas internasional dengan setidaknya gelar sarjana (S1). Dalam keadaan tertentu, Anda mungkin memenuhi syarat jika Anda belum menyelesaikan sekolah menengah atas tetapi memiliki pengalaman profesional yang melebihi kompetensi yang disyaratkan oleh hukum dan peraturan. 
  • Anda tidak boleh dihukum karena tindak pidana apa pun dalam waktu lima tahun sebelum melamar menjadi pegawai negeri sipil; jika tidak, lamaran Anda akan ditolak secara otomatis oleh panitia seleksi dan pengangkatan (PPK). Jika ada keraguan tentang apakah pelamar memenuhi syarat sesuai dengan persyaratan ini atau memiliki kasus pidana yang tertunda terkait dengan korupsi atau penipuan, maka ia akan dirujuk langsung ke PPK untuk dipertimbangkan daripada membuat pencalonannya diketahui publik melalui saluran media terlebih dahulu seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya ketika kriteria yang kurang ketat digunakan hingga 2019 selama tidak ada yang akan mengganggu pekerjaannya selama periode ini di mana masalah yang paling penting termasuk ancaman keamanan nasional seperti terorisme.

Untuk mengikuti CPNS salah satu syarat yang diharuskan adalah berusia minimal 18 tahun. Kandidat dapat melamar posisi jika mereka telah tinggal di Indonesia setidaknya selama lima tahun, dan telah lulus dari universitas yang terakreditasi atau telah memperoleh ijazah sekolah menengah.

Selain itu, PNS juga harus memenuhi persyaratan pendidikan minimal:
  • Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK);
  • Gelar sarjana dari universitas negeri;
  • Gelar Master dari universitas negeri; atau
  • Gelar Doktor dari Sekolah Pascasarjana berdasarkan peraturan khusus Pemerintah

Jika Anda adalah lulusan SMA, atau memiliki kualifikasi yang setara seperti sertifikat General Educational Development (GED) atau hasil Tes Penyetaraan Ijazah Luar Negeri, maka ini adalah hal pertama yang perlu Anda serahkan bersama dengan aplikasi Anda.

Ini bisa menjadi proses yang menantang untuk melamar posisi pegawai negeri sipil. Namun, ada banyak manfaat dan keuntungan bekerja untuk pemerintah. Anda akan mendapatkan gaji yang sangat baik, tunjangan yang baik, dan rencana pensiun.

Selain itu, jika Anda ingin menjadi pegawai negeri sipil di Indonesia, maka Anda harus mengikuti semua persyaratan yang tercantum di atas karena ini memastikan bahwa hanya orang-orang yang memenuhi syarat yang akan dipekerjakan oleh mereka. [krtv]

Posting Komentar untuk "Syarat CPNS Terbaru, Siapkan Sebelum Melamar!"