Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal TWK susah, Betulkah? Yuk Cek!

Menjadi seorang PNS adalah  impian hampir semua orang. Seluruh warga Indonesia bersaing merebutkan posisi yang diidamkan, karena  peluang yang diambil hanya beberapa saja. Untuk menyeleksi siapa yang terbaik, maka Negara mengadakan seleksi  CPNS. Pada tahap pertama akan diuji dengan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terbagi menjadi 3, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Seringkali banyak yang gugur karena poin pada TWK ini rendah. Kebanyakan beralasan karena soal TWK susah dikerjakan. Pada soal TWK ini bertujuan mengukur pengetahuan Anda tentang kebangsaan Negara Indonesia. Hal tersebut dapat digunakan dalam dunia pelayanan publik di instansi-instansi negara.

5 Tips Mengerjakan Soal TWK Susah Menjadi Lebih Mudah

Mengerjakan soal TWK pada seleksi CPNS  Anda membutuhkan tips-tips biar lebih mudah. Yuk cek uraian berikut.

1. Ketepatan dan Kecepatan

Dalam mengerjakan soal TWK ketepatan menjawab merupakan poin inti mendapat nilai yang tinggi. Namun kecepatan juga perlu dipertimbangkan, karena dalam menyelesaikan seluruh soal terbatas dengan adanya waktu. Membaca dengan cepat menguntungkan Anda dengan memiliki sisa waktu yang cukup banyak. Waktu  tersebut berguna saat  Anda menghadapi soal-soal yang sulit dan mengulang mencari jawaban yang tepat.

2. Berlatih Berulang kali Kisi-Kisi Soal

Mempelajari  kisi-kisi soal mengenai kebangsaan berulang kali sangat diperlukan. Anda merasa soal TWK susah saat tidak memiliki wawasan yang luas. Dengan begitu Anda dituntut untuk mempelajari dan berwawasan luas terkait Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, bineka tunggal ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan Materi yang begitu banyak lebih baik Anda untuk memahami poin-poin penting daripada menghafal keseluruhan. Dengan pemahaman yang cukup akan memudahkan Anda menemukan jawaban yang sesuai dengan cepat.

3. Konsentrasi 

Soal pada TWK biasanya cukup panjang seperti soal cerita, disini Anda membutuhkan konsentrasi yang cukup agar tidak berulang kali membaca. Dengan menemukan kata kunci pada permasalahan soal, Anda bisa fokus mencari jawaban pada soal bacaan.  Konsentrasi juga membantu mempersingkat waktu Anda yang hanya cukup sekali saja dalam membaca. 

4. Kerjakan Soal yang dianggap Paling Mudah terlebih dahulu

Dari beberapa soal pasti memiliki tingkatan kesulitan dalam mengerjakan. Kerjakan soal-soal yang menurut Anda mudah dan yakin dengan jawaban tersebut. Namun saat Anda menemukan soal yang sulit, jangan pernah mengosongkan jawaban. Gunakan insting Anda yang dirasa jawaban itu benar, dan buat coretan di kertas lain sebagai tanda nomor tersebut dengan jawaban ragu-ragu. Jika Anda masih memiliki sisa waktu yang lebih bisa digunakan untuk mengulangi soal-soal yang dirasa sulit. Jika pun tidak sempat mengulang Anda sudah mengisi semua jawaban dan menjadi keberuntungan apabila jawaban awal Anda itu ternyata benar.

5. Mengetahui Gagasan Pokok pada Soal Bacaan

Dalam soal bacaan pasti memiliki gagasan pokok atau ide pokok. Gagasan pokok tersebut terletak pada kalimat utama. Sedangkan kalimat utama ada pada paragraf pertama dan paragraf  terakhir. Untuk mempermudah Anda bisa membaca pertanyaan soal terlebih dahulu. Bersamaan membaca soal bacaan, Anda bisa menentukan gagasan pokok dan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan tersebut. Dengan begitu Anda lebih mudah dan cepat menemukan jawabannya.

Kata susah hanya berlaku untuk orang yang tak mau berusaha. Beberapa tips di atas semoga akan memudahkan Anda mengatasi soal TWK susah. Berlatih  dan selalu berusaha akan membuahkan hasil yang maksimal. Selamat berjuang di CPNS tahun depan.

Posting Komentar untuk "Soal TWK susah, Betulkah? Yuk Cek!"