Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Ujian Komprehensif dan Skripsi, Hati-hati Banyak yang Salah Paham!


Menjadi mahasiswa merupakan salah satu cita cita hamper setiap pelajar. Hal ini dikarenakan mahasiswa merupakan jenjang akhir dalam kegiatan belajar. Bagi mahasiswa yang telah berada di semester akhir atau semester delapan harus menempuh dua ujian yaitu ujian komprehensif dan ujian skripsi. Dua ujian tersebut sebagai syarat untuk menempuh kelulusan dan menyandang gelar sarjana. Akan tetapi banyak juga mahasiswa yang belum begitu paham apa itu ujian komprehensif dan ujian skripsi. Namun, terkadang ada beberapa universitas yang meniadakan ujian komprehensif. Bagi Anda yang belum paham tentang ujian komprehensif dan skripsi, yuk pelajari apa itu perbedaan ujian komprehensif dan ujian skripsi. 

Hal-hal Yang Perlu dipahami Tentang Ujian Komprehensif dan Skripsi

Memahami perbedaan ujian komprehensif dan skripsi merupakan salah satu hal wajib yang perlu dipahami oleh setiap mahasiswa. Hal ini sebagai bentuk ujian yang akan ditempuh sebagai tanda kelulusan, dengan memahaminya akan mempermudah dalam melaksanakan ujian dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut hal-hal yang harus dipahami:

Waktu Pelaksanaan Ujian

Salah satu tahap yang harus ditempuh mahasiswa semester akhir adalah mengikuti ujian komprehensif terlebih dahulu. Akan tetapi sebelum ujian komprehensif, mahasiswa harus telah lulus seminar proposal. Setelah ujian komprehensif dinyatakan lolos, tahap selanjutnya yaitu pelaksanaan ujian skripsi. Ujian skripsi dilakukan setelah mahasiswa mengikuti tahap seminar hasil penelitian.

Perbedaan Mendasar 

Hal mendasar yang perlu mahasiswa ketahui yaitu apa ujian komprehensif dan ujian skripsi. Bahwa ujian komprehensif merupakan ujian yang sifatnya integral dan menyeluruh. Dengan demikian, seluruh mata pelajaran di jurusan akan diujikan. Sedangkan dalam ujian skripsi lebih ke ujian hasil penelitian yang ditulis dalam kaidah sistematika tertentu yang sesuai dengan ketentuan universitas. Disinilah terlihat jelas perbedaan ujian komprehensif dan skripsi.

Tujuan ujian komprehensif dan ujian skripsi 

Ujian komprehensif bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dari seluruh mata kuliah yang telah ditempuh selama delapan semester. Pertanyaan yang diajukan oleh penguji bersifat random, sehingga mahasiswa harus menguasai seluruh materi yang akan diujikan. Sedangkan dalam ujian skripsi mahasiswa harus menguasai seluruh hasil penelitian yang telah dibuat dalam karya ilmiah tersebut. Penguji akan menanyakan hal-hal terkait penelitian yang telah dilakukan mahasiswa. 

Persiapan Sebelum Ujian 

Dalam menempuh ujian, hal utama yang diinginkan adalah lulus ujian dengan nilai yang memuaskan atau di atas ambang batas. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan segala sesuatunya secara matang, sehingga bisa menguasai pertanyaan-pertanyaan yang diujikan. Sedangkan dalam ujian skripsi, yang perlu dipersiapkan adalah materi sebagai bahan kajian teori dalam penelitian. Sehingga Anda mampu mengkonversikan hasil penelitian dari lapangan dengan kajian teorinya. Jika hal ini mampu Anda lakukan, maka berpeluang besar mendapatkan nilai yang memuaskan.

Syarat Mengikuti Ujian

Setiap universitas memiliki ketentuan masing-masing dalam menentukan hal ini, namun secara umum syarat mengikuti ujian komprehensif adalah mahasiswa harus menyelesaikan semua mata kuliah dalam jenjang perkuliahan. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif bukan dalam masa cuti. Selain itu, mahasiswa juga harus melampirkan bukti lulus seminar proposal dan transkrip nilai yang telah ditandatangani oleh dekan, ditambah dengan foto copy Kartu Hasil Studi (KHS). Sedangkan syarat mengikuti ujian skripsi adalah mahasiswa harus melampirkan bukti telah lulus seminar komprehensif dan seminar proposal. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif dan mendapat persetujuan dari pembimbing.

Setiap universitas pasti memiliki kebijakan masing-masing tentang hal-hal yang berkaitan dengan akademis. Namun secara umum perbedaan ujian komprehensif dan ujian skripsi telah dipaparkan dalam pembahasan tersebut di atas. Pahami secara detail hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Ujian Komprehensif dan Skripsi, Hati-hati Banyak yang Salah Paham!"