Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal TPA Verbal Persamaan, Apa Saja yang Ditanyakan!


Bagi kalangan akademisi, TPA (Tes Potensi Akademik) bukanlah hal yang asing lagi di telinga. Tes ini merupakan tes wajib yang kerap digunakan oleh perusahaan maupun instansi pemerintahan untuk proses awal rekrutmen pekerjanya. Selain itu, tes ini juga diberikan bagi mereka yang akan memasuki jenjang perguruan tinggi. Dalam Tes Potensi Akademik ini terdapat banyak jenis soal yang diujikan. Jenis soal dalam tes ini secara umum dibagi menjadi empat, yaitu: kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika dan kemampuan ruang. 

Tes kemampuan verbal ditujukan untuk melihat tingkat kecerdasan seseorang dalam kata atau bahasa. Dalam tes ini terdapat beberapa  jenis soal, yaitu soal TPA verbal lawan kata, soal TPA verbal persamaan kata, soal TPA verbal pengelompokan kata, soal TPA verbal padanan kata. 

Soal TPA Verbal Persamaan Kata Bagian Dari Soal TPA Kemampuan Verbal 

Menurut Harry Tolley kemampuan membaca atau memahami kata dan kalimat tertulis yang dimiliki seseorang dapat berpengaruh pada kecerdasannya. Maka dari itu dalam TPA ada unsur tes kemampuan verbal, dimana kemampuan seseorang tersebut dapat diukur dari kemampuannya memahami kata dan kalimat. Selain itu, tes kemampuan verbal ini juga berhubungan dengan tes kognitif dan tes kecerdasan seseorang. Dalam TPA, tes kemampuan verbal meliputi jenis-jenis soal sebagai berikut:

1. Mencari antonim atau lawan kata

Dalam tes, Anda akan diberikan sebuah kata, dan yang harus Anda lakukan adalah mencari kata yang merupakan lawan kata dari kata tersebut.

2. Mencari Sinonim atau persamaan kata

Peserta ujian harus menemukan kata yang sama atau kata yang memiliki makna yang sama dengan kata yang disebut dalam soal.

3. Mengelompokkan kata

Anda akan diberikan beberapa kata, dan akan diminta untuk  mengelompokkan kata-kata tersebut ke dalam sebuah kategori tertentu. Lalu tentukan kata mana yang tak termasuk dalam kategori tersebut. 

4. Mencari Padanan Kata

Peserta ujian akan diharuskan mencari sebuah kata yang sesuai untuk pasangan kata yang tersebut dalam soal. 

Hal-hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Tes

Meskipun terlihat mudah, namun ada beberapa yang perlu disiapkan dalam mengikuti tes kemampuan verbal tersebut:

1. Persiapan Mental

Persiapan mental dalam menghadapi ujian semacam ini sangat penting. Kesiapan mental tentu didukung oleh persiapan yang matang. Dalam menghadapi tes kemampuan verbal seperti ini, yang paling perlu disiapkan adalah memperkaya diri dengan berbagai kosakata yang ada. Hal paling mudah untuk mendapatkan kosakata adalah dengan membaca. Banyaknya kosakata yang diketahui akan membatu kesiapan dalam menghadapi tes.

2. Manajemen Waktu

Hal ini merupakan hal yang sering menjadi alasan gagalnya peserta ujian. Anda perlu mengatur waktu dengan cermat sehingga Anda tak kehabisan waktu dalam ujian. Kerjakan soal yang Anda anggap mudah terlebih dahulu, tinggalkan yang sulit. Jika semua soal mudah sudah selesai, baru Anda bisa kembali melihat soal sulit yang tadi Anda tinggalkan. Pastikan juga menyisakan waktu untuk mengecek seluruh jawaban yang sudah Anda berikan. 

3. Pengalaman

Memang tidak ada soal yang sama persis dalam setiap soal TPA, namun Anda bisa mempelajari pola soal-soal yang ada dengan berlatih soal TPA sebelum waktu ujian. Lakukan try out mandiri, sekaligus lakukan scoring sendiri. Semakin banyak soal yang Anda kerjakan, semakin siap Anda melakukan tes. 
Kemampuan verbal seseorang sangat penting dimiliki untuk bisa menyampaikan pengetahuan maupun pengalaman kepada orang lain dengan baik. Kemampuan ini juga merupakan representasi yang terstruktur dalam memori kerja seseorang mengenai kata, frasa maupun kalimat. Itulah sebabnya tes kemampuan verbal yang melibatkan soal TPA verbal persamaan adalah tes yang penting dalam rangkaian TPA. [akml]

Posting Komentar untuk "Soal TPA Verbal Persamaan, Apa Saja yang Ditanyakan! "