Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tertarik Daftar ? Ini Lho Syarat Jadi PNS Guru SD

Anda berminat mendaftar sebagai Pegawai Negeri Sipil yang berprofesi menjadi guru sekolah dasar? Ada beberapa syarat jadi PNS Guru SD yang harus Anda penuhi saat pendaftaran. Di bawah ini akan dijelaskan syarat-syarat yang wajib Anda penuhi agar bisa lulus secara administrasi. Selanjutnya setelah lulus administrasi maka Anda akan mengikuti ujian menggunakan komputer.

5 Persyaratan yang Harus Dipenuhi sebagai PNS Guru SD

Ada lima syarat yang harus Anda penuhi jika ingin menjadi pegawai negeri sipil sebagai guru sekolah dasar antara lain: 

1. Lulus S1 atau Diploma 4

Syarat pertama yang harus dipenuhi ialah minimal Anda telah lulus kualifikasi sebagai strata 1 atau diploma 4. Jurusan yang dibutuhkan juga harus jurusan pendidikan. Karena yang dibutuhkan guru sekolah dasar maka jurusannya wajib pendidikan sekolah dasar. Jangan lupa ijazah dan akreditasi kampus setelah lulus Anda harus punya. Karena ini juga akan menjadi salah satu syarat pendaftaran.

2. Memiliki Sertifikat Keguruan

Selanjutnya Anda harus memiliki sertifikat keguruan. Untuk syarat ini tidak seluruh lulusan. Karena untuk memiliki sertifikat ini Anda harus menempuh pendidikan lagi minimal selama satu tahun. Namanya pendidikan profesi guru atau PPG, dengan mengikuti PPG maka Anda akan mendapatkan sertifikat keguruan ini. Ini akan menjadi nilai tambah saat Anda melaksanakan proses seleksi. Ada juga yang mendapatkan nilai plus karena sudah melakukan pengabdian mengagar di daerah terpencil. Untuk yang mengikuti program ini secara otomatis sudah mempunyai sertifikat keguruan setelah program pengabdian berakhir.

3. Maksimal Usia 35 Tahun

Usia menjadi syarat jadi PNS guru SD selanjutnya yang wajib dipenuhi. Anda maksimal berusia tiga puluh lima tahun. Tidak hanya PNS guru saja, melainkan PNS untuk formasi lain juga harus berusia maksimal tiga puluh lima tahun. Masalah kualifikasi usia ini sudah dikaji oleh Badan Kepegawaian Negara dan tidak bisa diganggu gugat. Oleh sebab itu jika Anda masih berusia kurang dari tiga puluh lima tahun maka setiap ada tes Anda harus mencobanya. Karena tidak setiap tahun rekrutmen pegawai negeri sipil itu digelar. Maka dari itu jika ada kesempatan Anda harus memanfaatkannya dengan baik.

4. Melengkapi Dokumen

Persyaratan selanjutnya yang harus Anda penuhi yakni melengkapi dokumen persyaratan yang ada. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan antara lain kartu tanda penduduk dan kartu keluarga resmi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Selajutnya ijazah dan transkrip nilai juga harus diupload. Pas foto menggunakan latar belakang merah disertai dengan swafoto memegang kartu peserta seleksi. Biasanya Anda juga akan diminta melampirkan surat lamaran dan surat pernyataan. Surat pernyataan ini seperti bebas narkoba dan tidak pernah dipenjara. Semua dokumen yang dibutuhkan sebaiknya disimpan dalam bentuk file agar mudah ketika akan mengupload.

5. Mengikuti Tahapan Seleksi

Terakhir jika semua persyaratan sudah lengkap maka Anda harus mengikuti setiap tahap seleksi. Syarat ini merupakan syarat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Jika salah satu tahapan tidak Anda ikuti maka Anda akan dinyatakan gugur secara langsung. Karena tahapan tes biasanya dimulai dari seleksi administrasi, kemudian seleksi kompetensi dasar dan terakhir seleksi kompetensi bidang. Masing-masing tahapan kelulusan disampaikan secara online melalui instansi yang membuka rekrutmen.

Itulah beberapa syarat jadi PNS guru SD yang wajib Anda penuhi. Jangan sampai satu dari kelima syarat di atas tidak terpenuhi. Jika memang ada persyaratan yang belum siap maka segera siapkan sekarang juga. Jadi ketika ada pendaftaran calon PNS, Anda bisa langsung segera mendaftar.

Posting Komentar untuk "Tertarik Daftar ? Ini Lho Syarat Jadi PNS Guru SD"